Sunday, August 22, 2010

from photography to violin

Kemaren saya diajak ayah saya ikut seminar IndoNikon di restoran di deket Monas (lupa namanya apa) tentang travel photography dan travel writing. Jadi diundanglah seorang fotografer travel dan jurnalis travel yang sering kontribusi ke majalah-majalah airlines kyk Garuda, Air Asia, sama Lion Air.

Menarik juga seminarnya, karena mereka berdua ngga cuman jelasin teknik, tapi juga jelasin tentang pengalaman pribadi mereka pas melakukan projek itu. Kayak si fotografer travel, jadi dia ngejelasin tentang travel photography itu dari trip dia ke Laos sama Kamboja. Nah dia ngga cuman jelasin tentang kamera, depth of field yg sebaiknya dipake, teknik2, tapi dia juga cerita tentang orang-orang yang dia ajak ngomong di sana, dan juga kebudayaannya. Saya aja akhirnya juga belajar tentang kehidupan para biksu di Kamboja lmao.

Kalo yang jurnalis itu juga sama. Saya ngga cuman belajar cara nulis tentang travel kita, tapi dia juga cerita gimana cara buat suatu tulisan yang berkualitas, unik, dan yang kemungkinan bakal ditolak sama penerbit (biar kita ngga kayak gitu). Satu quote yang saya suka dan ga tau kenapa menurut saya agak lucu, dia bilang "jangan motret kayak apa yang udah ada di flickr, dan jangan nulis apa yang ada di google". Emang bener sih tapi, kalau kayak gitu berarti foto/tulisan kita kesannya 'basi'. Secara ngga langsung, teknik penulisan artikel dan layout majalah juga dijelasin, cukup berguna lah buat nanti kalo ada project bikin majalah di sekolah.

Terus kemaren itu saya juga ke toko musik untuk betulin senar biola saya (tali A-nya putus). Di toko itu, saya ngeliat ada viola, cello, contrabass, sama electric violin, dan omg noraknya keluar pas liat lmao =)) Ngga nyangka contrabass itu gede banget, lebih tinggi dari saya malah! Terus saya juga liat biola yang 1/4, mungil banget kayak biola mainan malah. Terus pas senar Fetzer (nama biola saya. saya mikir mau ganti nama jadi Cordelia, tapi ga tau bagusan yang mana 8|) diganti, SUMFEH ITU SUARA BEDA SAMA YANG DULU. Saya yakin itu karena senarnya. Senar yang dulu tuh kayaknya tipis, terus suaranya melengking. Tapi senar yang baru ini suaranya lebih halus, agak tebel, dan enak suaranya. Wah seneng deh saya akhirnya suaranya becus \o/

Baguslah karena at least temen-temen saya ngga perlu jadi 100% budeg nanti pas music performance. 2 minggu lagi tuh jadi ada music performance di sekolah, jadi kita disuruh main lagu Bendera-nya Coklat, terserah mau nyanyi atau pake instrumen. Nah saya dengan nekatnya bilang mau pake biola. Gurunya juga nyuruh saya pake biola, secara dia tau saya tuh belajar main biola. Yaa semoga aja I don't make a complete fool of myself pas performance deh. Fingering saya belom lancar soalnya, dan gesekannya belom merdu-merdu banget. Tapi tapi, like me and my dad always says, "Expect for the best; Prepare for the worst"
*toast butterbeer bareng para Marauders*

No comments:

Post a Comment