Friday, October 29, 2010

IMW (International Multicultural Week)

IMW adalah sebuah event di sekolah saya yang diselenggarakan 2 tahun sekali. Inti dari event ini adalah, tiap kelas dapet sebuah negara (diundi) dan selama 1 minggu akan belajar segala hal tentang negara ini. Nanti di hari terakhir akan ada performance dari tiap kelas dan semua orang harus pakai baju tradisional negara masing-masing.

So, kelas saya dapat Belanda dan ini kedua kalinya saya dapet negara ini (yang pertama pas kelas 1 SD). Dulu tuh kayaknya belajarnya gitu-gitu aja, sekarang saya lebih ngerti dan karena memang sudah cukup umur (errr belom juga sih tapi ya) jadi tahu lebih banyak hal tentang Belanda. Sebutlah saya ketinggalan jaman tapi saya baru tau kalau disana tuh marijuana dilegalin (sampe ada coffeeshop, di mana orang-orang disana boleh nge-ganja), prostitusi adalah pekerjaan yang legal, dan kawin sesama jenis juga legal. Mungkin ada enaknya juga sih karena dapet negara yang menarik, tapi bajunya itu loh ya ampun orz



Kelas juga harus didekorasi dan bertema negaranya. Barang-barang yang berhubungan juga di-display. Terus nanti ada kunjungan dari kelas lain, dan kita mesti jelasin tentang negara kita. Kita juga nanti ngunjungin kelas lain dan belajar tentang budaya di negara mereka. Dekorasi kelas yang dapet Argentina itu keren banget, yang Meksiko juga haha



Sekilas info tentang Belanda (paling udah pada tau), negara ini terkenal dengan kincir angin-nya. Kincir angin ini dipakai untuk giling gandum, dan ada sebuah area (lupa saya namanya, saya bukan bagian yang nge-research ini soalnya ;;) di mana ada sekomplek kincir angin yang banyak banget yang dibangun (kalau ga salah) sekitar tahun 1970an.


Lalu karena event ini berdekatan sama Math Week (yep, aneh-aneh ya event di sekolah ini orz), alhasil kita disuruh bikin diorama bangunan di belanda dan skalanya ga boleh ngaco, jadinya ukurannya juga ga boleh asal-asalan. Saya bikin cube house yang ada di Rotterdam, tapi ga mirip karena males ngecat dan bikin detail-nya (padahal kerja kelompok, tapi berhubung saya lemah banget sama yang namanya kerja kelompok jadi ga maksimal kerjanya). Cube house atau disebut kubuswoningen adalah komplek perumahan rumah-rumah kotak yang dimiringkan 45 derajat yang terletak di daerah Blaak, Rotterdam. Arsiteknya (Piet Blom) membuat komplek perumahan ini dengan ide "rumah-rumah itu adalah pohon, jadi sebuah komplek perumahan akan menjadi sebuah hutan".

Bagian yang paling ditunggu-tunggu pasti karena makanannya lmao. Setelah performance adalah jam makan siang, dan makanan tiap negara yang telah disiapkan di pagi hari boleh kita makan. Karena performance kelas saya 'agak' kurang memuaskan (banyak hal terjadi dan last minute changes-nya parah banget, terus ada beberapa anak yang ngga ngikutin script-nya yang udah dibuat), saya lari ke kelas sebelah untuk meluapkan emosi (wtf) dan karena teman-teman dekat saya di kelas itu semua. Jadilah saya menyantap makanan Polandia selama jam makan siang itu, pas udah mau abis baru deh saya balik ke kelas dan dapat sisa makanannya haha XD;


Katanya sih ini makanan Polandia ;; Itu ada kentang goreng dan ayam yang ditengahnya diisi jamur (enak sih). Saya nyolong sambel dari kelas saya soalnya di kelas saya tuh ada kroket dan macaroni (memang bukan makanan Belanda sih macaroni, tapi pada ngotot minta jadi ada yang bawa orz). Karena piringnya terbatas, jadi saya makan 1 piring sama temen saya (temen yang paling deket, sama-sama suka Harry Potter dan kita suka ligilimens mendadak alias kalau ngomong suka bareng XD).


Nah, ini adalah Apple Pie-nya Polandia yang dikasih whip cream. Beh enak banget ini kue, saya pengen lagi. Sayangnya karena dibagiin ke seluruh kelas jadi tiap orang dapetnya dikit-dikit. Saya juga keliling-keliling kelas lain dan berhasil dapat Chicken Enchiladas (?) dari kelas di depan saya yang dapet Meksiko. Saya ga berani ke cluster sebelah soalnya ga ada yang bener-bener kenal orangnya.

Begitulah IMW tahun ini, dan ini juga IMW terakhir saya karena anak SMA ga ada IMW. Lagian saya juga bakal pindah SMAnya =3=

No comments:

Post a Comment