Saturday, April 23, 2011

Review: Puella Magi Madoka Magica

Karena saya hebat, pindah dulu ke bahasa Indo okok. Pertama-tama, SPOILER ALERT. Jika siap, silahkan baca aja.


Ehem, jadi, seperti yang sudah diketahui oleh banyak orang, baru saja ada anime yang tamat dan judulnya ya itu di atas *tunjuk2 judul post*. Puella Magi Madoka Magica, atau bisa juga disebut Mahou Shoujo Madoka Magica. Like the title says, anime ini tentang magical girls. Tuh liat aja cewe-cewenya pada lucu-lucu semua kan? Dengan kostum mereka yang imut-imut, aura mereka yang ~*KIRA-KIRA*~ dan ceria, kayaknya anime yang lucu dan seru untuk diikuti.

...


NOT.

Serunya sih tentu saja, tapi 'ceria' dan 'lucu' itu harap dicoret (well, coret 70% lah. masih ada henshin yang keren dan sparkly-sparkly kok) kalau mau nonton anime ini. This isn't a typical mahou shoujo anime, tapi anime bertema mahou shoujo yang akan mengubah pikiranmu tentang mereka. Ngga cuman tentang mahou shoujo, tapi juga tentang berbagai hal lain di dunia ini. Kasarnya sih, mindfvck banget. Pas nonton ini pertama kali saya masih normal-normal aja, tapi begitu sampai di episode yang udah agak jauh, suram. Serius deh, mahou shoujo kayak si Sakura (Card Captor Sakura) atau apalah sebut, ga ada apa-apanya sama mahou shoujo yang di anime ini.

Well, karena saya ga mau spoiler lebih banyak lagi, langsung saja ke rating-rating. Namanya juga review anime kan? Rating-nya akan 1-10 btw.

Plot: 9.7

This is what you call a great plot, saudara-saudara. Aside from the fact that the last 2 episodes bikin saya rada bingung, tapi jalan ceritanya keren abis ga boong. So far yang menurut saya paling mengejutkan itu episode 10 dan itu bikin saya nganga pas nonton. Beneran nganga lho karena saking ngga nyangkanya ada plot twist kayak begitu. Menurut saya nonton Madoka itu kayak nonton Inception, karena pas kita nonton tuh rasanya kita ngerti tapi di saat yang sama kita juga ngga ngerti. Ngerti ngga? 8| Duh saya sendiri juga bingung sebenernya, pokoknya keren deh.

Character Development: 9

Kelihatan kok interaksi karakter-karakternya, sifat-sifatnya, dan background mereka (walaupun saya masih kurang puas sama background si Mami, ga begitu jelas imo) masing-masing. Paling mantap memang si Homura saya bilang, dari yang culun dan malu-malu bisa jadi stoic dan cuek banget. Karena nyambung, untuk karakter favorit sendiri saya suka Kyoko, apalagi pas sebelum di'brain wash' sama Miki. Saya suka cara pandang dia terhadap kehidupan saat itu, tapi pas diajak ngomong sama Miki jadi berubah jadi yah, begitulah. Kedua Mami, terus Homura.

Character Design: 7

Ga komen banyak tentang ini, except for the fact that the costumes are awesome (personal fave saya kostum-nya Mami btw /gaadayangnanyawoi). Yah, memang saya ga begitu suka gaya gambarnya sih (apalagi muka lebarnya), tapi ga ganggu juga dan sebenarnya cocok untuk animenya. Tapi imo ya begitu, saya kurang suka aja 8|a;;

Music: 9.5

Pengakuan, salah satu alasan kuat kenapa saya nonton ini anime adalah karena yang ngurusin BGM-nya adalah Kajiura Yuki. Openingnya menurut saya sih biasa-biasa aja (nadanya, kalau lirik saya belum terlalu merhatiin karena jarang dengerin juga orz), tapi endingnya keren. As expected from Kalafina, kalau ClariS saya cuman pernah denger pas nyanyiin openingnya OreImo. BGMnya pun mendewaaaa ya tuhan keren, Kajiura banget. Sayangnya cuman satu, dan kayaknya this goes for other animes yang BGM-nya diurusin Kajiura-sama, yaitu adaaa aja satu track yang diulang-ulang melulu (kayak Ship of Fools di Tsubasa Chronicle). Tapi overall keren, saya puas sama musiknya dan akan menunggu dengan tidak sabar OST-nya Madoka.

Final score: 9.5

Worth it banget untuk ditonton, dan jangan kalian nonton karena ngikutin trend atau pengen keren aja karena anime ini banyak diomongin. Serius, saya ga nyangka anime ini bakal berbekas di pikiran dan bikin mikir. Temanya berat juga untuk anime berbasis mahou shoujo, dan sekali lagi saya tekankan kesuraman anime ini. Suram bukan berarti ga bagus, tapi aura anime ini memang agak serius dan konfliknya jauh lebih berat juga daripada anime mahou shoujo lain yang pernah saya tonton. Saya recommend anime ini kepada semua yang suka anime yang bikin mikir dengan bonus eye candy cewe-cewe cantik dengan kostum yang keren.

No comments:

Post a Comment