Thursday, June 2, 2011

Review: The Social Network

Facebook, siapa yang ngga pernah denger situs itu? Situs dimana kita bisa berteman dan sharing berbagai hal mulai dari status, foto, atau video dengan orang lain tentang kita. Pertama, iya saya memang telat banget nonton film ini karena pas pertama keluar saya ngga begitu tertarik orz. Denger-denger sih tentang asal-usul FB, cuman saya males aja nontonnya habis kesannya kayak film non-fiksi yang ngebosenin. Rupanya?

Salah.

Film ini berhasil bikin saya diem pas nonton dan setelah selesai jadi mikir. Jarang-jarang sih saya nonton film sampai kayak gini (contoh yang berhasil itu HP DH part 2 sama Inception), dan tentunya itu yang mendorong saya buat bikin review ini.


As I stated before, The Social Network adalah film tentang bagaimana mahasiswa Harvard bernama Mark Zuckerberg menemukan Facebook. Entah harus salut atau geleng-geleng kepala karena permulaan situs ini adalah karena Mark diputusin oleh pacarnya, mabuk terus nge-rant di blognya dan ‘iseng’ membuat website voting siapa murid cewe paling oke dan bahkan kena probation 6 bulan dari Harvard. Tapi talenta dia dalam programming diakui oleh kembar Winklevoss yang kemudian merekruit Mark menjadi programmer untuk membuat Harvard Connection (intinya ini kayak FB tapi khusus anak-anak Harvard).

Dari sinilah ia dapat ide untuk membuat Thefacebook dan akhirnya dia bekerja sama dengan temannya, Eduardo, yang memberikannya dana $1000 untuk memulai situs ini. Nah masalahnya, si kembar Winklevoss ini merasa kalau si Mark mencuri ide mereka sampai-sampai mereka menuntut Mark ke pengadilan. Di film ini juga ditampilkan konflik antara Mark dan Eduardo selaku founder dan co-founder, belum lagi ada Sean Parker yang tiba-tiba ikut menjadi staff Facebook karena sebuah meeting (dia juga yang bilang sama Mark untuk ganti nama dari 'Thefacebook' jadi 'Facebook').

Now then, to the scores!

Plot: 9.8

Keren bangeeet apalagi ini juga diangkat dari cerita asli. Hebat banget ceritanya, dari computer nerd jago programming dan akhirnya bisa menjadi billionaire karena membuat situs social networking ini, padahal itu semua diawali dari masalah kecil (diputusin pacar). Terbukti bahwa no matter how small your actions are, it'll somehow affect someone. Just--awesome.

Character Development: 8

Dalam hal karakter, aside from Mark tidak ada yang membuat saya tertarik. Tapi konflik antar karakternya kena dan bagus, apalagi Mark/Eduardo yang bikin saya geregetan sama dua-duanya. Tapi memang highlight-nya sih Winklevoss Twins/Mark karena sebagian besar film ini berisi adegan waktu Mark diadili dan perang mulut sama itu dua bersaudara dan orang-orang hukum.

Music: 5

Ngga komen banyak karena menurut saya ga ada yang spesial atau berbekas dan biasa aja. BG-music-nya juga sama, ending theme pun juga begitu.

Final Score: 9

Sampai ngga tahu mau bilang apalagi, pokoknya this movie is totally awesome dan wajib ditonton. Ah btw, warning dikit kalau mau nonton karena ada beberapa adegan-adegan dewasa dan, yah, gitu deh.

No comments:

Post a Comment