Sunday, October 30, 2011

"Coba, mainin appergio C mayor"

"...hah?"

Daaan itu adalah salah satu kebegoan seorang Asa pada hari yang indah ini. Di Jakarta sih lagi hujan, dan saya suka hujan, jadi saya bilang hari ini hari yang indah. Tapi saya ngga akan membicarakan cuaca di post ini karena nanti saya malah melebay ria pake hiperbola tentang betapa saya cintanya sama hujan.

Ahem--jadi, alkisah hari ini si Asa ikut ujian musik, lebih spesifiknya sih ujian drum sama biola. Ini ujian pertama saya dan srsly, persiapan saya kayaknya kurang banget apalagi untuk ujian biola. Kalau yang drum sih lagunya gpp, teorinya yah okelah, pas bagian suruh mainin beberapa beat juga kayaknya gpp. Giliran biola--JENG JENG, cengo saya di depan pengawas.

Mari kita mulai dari ujian drum.

Saya dateng, buka pintu gedung les, langsung disambut sama lautan orang-orang mulai dari murid, orang tuanya, dan juga staff ujiannya. Sofa-sofa di ruang tunggu dipindahin, diganti sama kursi-kursi yang ada meja kecilnya dan saya langsung disuruh ngerjain ujian teori di situ. Ujian teorinya ga ketat-ketat amat, malah tempat ujiannya tuh di tempat yang kelihatan banyak orang. Selain fakta kalau saya lupa apa arti 'birama' (ngeblank, biasa lah), alhamdulillah yang lain bisa dijawab entah dengan baik atau tidak.

Setelah itu saya nunggu dipanggil untuk ujian praktek. Lumayan, sekitar sejam baru dipanggil dan untuk ngabisin waktu saya nge-doodle. So, intermezzo sedikit biar ga sakit mata liat tulisan terus, inilah dudelnya.



Kenapa saya gambar Rosetta!Gumi? Well, lagu yang saya bakal pake untuk ujian adalah Rosetta, jadi biar menghayati gitu lho /alah/. Pas banget, setelah saya naro sketchbook di dalam tas, saya dipanggil sama guru pembimbing saya untuk masuk ke ruang ujian.

Langsung saja saya disuruh duduk di depan drum dan main beberapa beat yang sudah ditentuin oleh si pengawas. 3.5/5 saya bisa mainin dengan baik--semoga aja si pengawas itu ngelulusin saya di bagian yang ini (yay). Selanjutnya langsung ke lagu dan kebetulan juga bagian yang saya tunggu-tunggu. Untung pengawasnya nyantai, kalo ngga saya bakal kagok setengah mati pas main lagunya--which I didn't, and I think I did pretty well (walaupun kata pengawasnya saya harus agak lebih hati-hati dalam tempo beatnya setelah fill-in ahahah ;;))

Ujian drum selesai, tapi saya belom bisa nafas lega karena masih ada ujian biola yang oh-so frightening. Karena lapar dan masih ada interval sejam sebelum ujian biola dimulai, saya pergi ke kantin buat ngambil makan (gratisan euy, udah gitu saya dapet 2 kupon makan karena ujiannya 2 ihiy). Saat itu juga saya jadi ngobrol sama tante-tante yang anaknya ikut ujian biola, terus dia juga nanya-nanya tentang biola sama saya. Ujung-ujungnya, as usual, jadi ngomongin homeschooling (karena pasti ada pertanyaan "kamu sekolah di mana?" dan jadi ke sini).

Tante-tantenya keliatan baik, sih, tapi karena harus pergi ke ruang ujian saya undur diri (?) dan langsung ke ruang tunggu. Waktu nyampe di situ saya langsung dipanggil sama pengawasnya tapiiiiii pas udah di depan ruang ujian, salah satu staffnya bilang gini sama saya (demi kenyamanan dan keamanan bersama, saya akan sensor beberapa bagian):

"Sa, guru pembimbing kamu belum dateng."
"Ha?"
"Kak Piip belom dateng, jadi biarin murid yang setelah kamu ujian dulu ya sambil nunggu dia nyampe sini."
"Oh, oke..."

Setelah murid itu selesai (lama banget ujiannya--20 menitan ada, kali), dia nyamperin saya lagi.

"Sa, guru kamu ga dateng."
"..............terus gimana?" << dalam hati berbagai profanities dikeluarkan
"Kamu mesti sama Pak Piip nanti dibimbingnya. Kak Piip pergi ke Piip ga bilang-bilang."

Jadilah saya mesti masuk ruang ujian itu sendirian--as in, ngga tau pengawas atau guru pembimbing saya dan nervous level jadi makin parah karena hal ini. Bagian teknik, srsly, ANCUR BANGET IDON'TEVEN OTL. Disuruh mainin beberapa tangga nada dengan legato 2 dan saya lupa nge-legato pas disuruh mainin tangga nada G yang dua oktaf (padahal kyknya ya, ini nilainya tinggi sob). Terus pas disuruh appergio pertama kali, saya cengo dulu karena lupa total apa itu yang namanya 'appergio'. Thankfully, di bagian lagu kayaknya oke-oke aja karena Etude 15 dari Suzuki 1 udah pernah saya mainin buat konser dan Minuet 3 sering saya mainin dulu di piano.

Selesai ujian--langsung cabut liek a boss. Eh, tapi sebelum saya ngambil makan lagi karena kupon yang terakhir belom kepake #dor. Saya belom nanya sih nilai ujiannya keluar kapan, yang jelas semoga--SEMOGA--lulus. Amin.

No comments:

Post a Comment