Tuesday, October 25, 2011

review: monaca:factory/10日P

Mungkin ini lebih kepada rekomendasi daripada review? Yah, intinya saya mau ngomongin dan sedikit promosi tentang komposer vocaloid yang satu ini (yang kebetulan juga telah menjadi salah satu komposer favorit saya lmao).

monaca:factory atau 10日P (touka-P) adalah salah satu komposer vocaloid yang mendapat namanya karena konon dia belajar membuat musik dengan vocaloid dalam kurun waktu 10 hari. Genre-nya...ga jelas. Srsly--kalau misalnya yuyoyuppe dengan heavy rock, ORYO dengan rock-pop, wowaka dengan electronica-nya, sedangkan kalau 10日P ini beda-beda. Technopop ada, instrumental ada, shoegaze juga iya. Makanya sebelum dengerin lagu-lagu dia tuh rasanya udah ada gambaran bakal jadi kayak apa (dan ujung2nya saya pasti bilang "Bah, dia banget nih."), but at the same time kita juga ngga tahu bakal jadi sekeren apa.

Lagu pertama yang saya denger dan bikin saya jatuh cinta sama ini komposer adalah Rosetta. Melodinya simpel tapi instrumentalnya auuuugghhhh saya ga akan bosen ngedengerin drum sama pianonya. Sebenernya sih imo, piano di lagu-lagu 10日P juga oke banget, salah satu poin yang saya suka dari lagu-lagu bikinannya. Selain Rosetta, lagu-lagu yang mungkin kalian kenal dan/atau pernah denger adalah Mermaid dan Suisei (comet).

Rekomendasi saya kalau mau coba-coba denger lagu dari 10日P, coba dengerin Rosetta dulu. Katanya sih itu hasil eksperimennya dia, tapi jadinya hit banget dan memang lagunya keren (walaupun awal-awalnya saya kurang suka, tapi pas denger tengahnya langsung verbal-keysmash saking kerennya).




Kalau mau langsung album, coba 火星にゆれる水声 (Kasei ni Yureru Mizu Koe). IMO kalau mau meng-introduce diri ke monaca:factory, ini album yang bisa dipilih dari album dia yang lain karena di situ genre-genre dia yang warna-warni kelihatan, mulai dari lagu yang upbeat dan slow ada di album ini. Jadi, yah, selamat mendengarkan dan selamat menikmati!

And just for the heck of it dan karena saya lagi cinta sama lagu ini, Rosetta di album Kasei ni Yureru Mizu Koe, single Rosetta E.P, album EXIT TUNES PRESENTS GUMIsm, dan yang di youtube (yang di atas), itu beda-beda kalau didengarkan dengan teliti. Sebenarnya sih masalah mixing aja tapiiii ya itu, agak beda. Versi favorit saya sendiri yang ada di single Rosetta E.P o3o

No comments:

Post a Comment